Total Tayangan Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

Semir Rambut Dengan Warna Hitam

حكم صبغ الشعر باللون الأسود

Hukum Mengubah Uban dengan Warna Hitam

الحمد لله من المعلوم أنه الراجح والله أعلم أنه لم يثبت عن النبي-صلي الله عليه وسلم- حديث صحيح في منع الصبغة بالسواد إلا حديث أو حديثين من ذلك ما رواه زهير بن معاوية عن أبي زبير عن جابر أن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: غيروا هذا الشيب وجنبوا السواد

Syaikh Abdullah bin Nashir al Sulmi mengatakan:

Suatu hal yang patut diketahui bahwa tidak ada hadits shahih dari Nabi yang melarang mengubah uban dengan warna hitam kecuali satu atau dua hadits.

Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Zuhair bin Muawiyah dari Abu Zubair dari Jabir, Nabi bersabda, “Ubahlan uban ini namun hindarilah warna hitam”.

قال أبو حيثمة لأبي زبير هل هذا قاله رسول الله؟

قال: لا

Abu Haitsamah bertanya kepada Abu Zubair, “Apakah ini diucapkan oleh Rasulullah?”. Jawaban Abu Zubair, “Tidak”.

فدل ذلك على أن الزيادة وجنبوا السواد ليست مرفوعة

Keterangan ini menunjukkan bahwa tambahan “hindarilah warna hitam” bukanlah sabda Nabi.

وأما ما جاء في صحيح مسلم فإنما رواه ابن جريج وأوزاعي كلاهما عن أبي زبير وأبو زبير بين أنه ليست مرفوعة عن النبي- صلى الله عليه وسلم-

Sedangkan hadits yang ada dalam Shahih Muslim maka hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Juraij dan Auzai, keduanya dari Abu Zubair. Padahal Abu Zubair telah menjelaskan bahwa tambahan tersebut bukan sabda Nabi.

فدل ذلك على أن الحديث إنما المرفوع: غيروا هذا الشيب.

Jadi yang merupakan sabda Nabi adalah “Ubahlah uban ini”.

الثاني أنه من المعلوم أن حديث ابن عباس عند الترمذي وسنده صحيح أن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال : سيكون في آخر الزمان قوم يصبغون بالسواد كحواصل الطير لا يجدون رائحة الجنة

Hadits kedua adalah yang hadits dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dengan sanad yang shahih, Nabi bersabda, “Akan ada di akhir zaman nanti sekelompok orang yang mengubah ubannya dengan warna hitam sebagaiman tembolok burung. Mereka tidak akan mencium bau surga”.

وهذا الحديث يدل على الذم وليس يدل على التحريم لأن من صفات هؤلاء الذين لا يجدون رائحة الجنة أنهم يتشبعون بما لم يعط. والقاعدة في المتشبع بما لم يعط القاعدة أنه مكروه

Hadits ini menunjukkan celaan, tidak menunjukkan hukum haram karena diantara sifat orang orang yang tidak mendapati bau surga adalah mengesankan diri dengan sesuatu yang tidak senyatanya. Sedangkan kaedah mengenai orang yang mengesankan diri dengan sesuatu yang tidak senyatanya hukumnya makruh.

على هذا فالراجح والله أعلم أن الصبغة بالسواد مكروه وليس بمحرم

Berdasarkan uraian di atas maka pendapat yang lebih kuat mengubah uban dengan warna hitam hukumnya makruh, tidak sampai derajat haram.

وقد كان كثير من السلف كسعد بن أبي وقاص وروي عن الحسن والحسين وقيل أن أبا بكر رضي الله عنه- كان يصبغ بالكتم

Banyak ulama salaf semisal Saad bin Abi Waqqash dan diriwayatkan dari al Hasan dan al Husain [cucu Nabi] dan dikatakan bahwa Abu Bakr mengubah ubannya dengan tumbuhan bernama katm.

ومن المعلوم أن الكتم وحده إذا صبغ فإنه قريب من السواد أو هو سواد.

Mengubah uban hanya dengan katm akan menghasilkan warna serupa dengan hitam atau bahkan hitam.

كما قال أنس رضي الله عنه رأيت النبي- صلى الله عليه وسلم- وخلفه أبو بكر وقد صبغ لحيته بالكتم وهذا يدل على أن أبا بكركان يصبغ بالكتم والكتم هو سواد أو قريب منه.

Anas mengatakan Aku melihat Nabi dan dibelakangnya ada Abu Bakr. Abu Bakr mengubah uban jenggotnya dengan katm.

Riwayat ini menunjukkan bahwa Abu Bakr mengubah ubannya dengan katm dan warna yang dihasilkan oleh katm adalah hitam atau serupa dengan hitam.

ومن المعلوم أن أفضل ما يغير به الشيب كما جاء ذلك عند أهل السنن: إن أفضل ما غيرتم به الشيب الحناء والكتم.

Bahan terbaik untuk mengubah uban adalah sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh ashabus sunan ‘sesungguhnya bahan yang paling baik yang kalian pergunakan untuk mengubah uban adalah hina’ alias pacar dan katm.

فهذا أفضل فإن غير بغير ذلك مما ليس بالسواد فهو جائز

Inilah bahan yang terbaik. Jika diubah dengan menggunakan bahan yang lain asalkan tidak menghasilkan waran hitam, hukumnya boleh.

وتغيير البياض سنة كما قال النبي- صلى الله عليه وسلم- في صحيحين: إن اليهود والنصاري لا يصبغون فخالفوهم

Mengubah uban yang berwarna putih hukumnya dianjurkan sebagaimana sabda Nabi yang terdapat dalam shahih Bukhari dan Muslim, “Sesungguhnya Yahudi dan Nasrani itu tidak mengubah warna ubannya maka selisihilah mereka”.

إلا أن في السواد مكروه وليس بمحرم.

هذا الذي يظهر والله أعلم وهذا مذهب جمهور الفقهاء-والله أعلم-.

Namun menggunakan warna hitam hukumnya makruh, tidak sampai derajat haram.

Inilah pendapat yang lebih kuat. Mengubah uban dengan warna hitam hukumnya makruh merupakan pendapat mayoritas ulama fikih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar